Tujuh Pulau di Kepulauan Seribu Ikut Tercemar Tumpahan Minyak Pertamina

02 August 2019 by
Tujuh Pulau di Kepulauan Seribu Ikut Tercemar Tumpahan Minyak Pertamina

Kebocoran minyak milik PT Pertamina di Pantai Utara Jawa, Karawang, Jawa Barat berdampak sampai ke Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Bahkan, sampai sekarang tujuh pulau ikut tercemar karena kejadian tersebut.

Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad mengatakan wilayah tersebut sudah tercemar sejak 22 Juli lalu. Hal itu ia ungkap usai melakukan pertemuan bersama dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan petinggi PT Pertamina di di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (2/8/2019).

Namun tujuh pulau yang terdampak tidak disebutkan oleh Husein. Ia hanya mengatakan tujuh pulau tersebut berada di sekitar pulau Untung Jawa. 

"Oil spill sudah sampai ke Kepulauan Seribu. khususnya di wilayah selatan, tujuh pulau di sekitar (pulau) Utung Jawa," ujar Husein.

Ia menyebut pihaknya langsung melakukan penanganan dengan membersihkan ceceran limbah minyak tersebut. Petugas Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI bersama pihak pertamina membersihkannya.

"Kami sama-sama sehingga menimalisir dampak yang ditimbulkan dari oil spill ini," kata Husein.

Direktur Hulu Pertamina, Dharmawan Syamsu mengaku menyesalkan kejadian tersebut. Ia menyatakan pihaknya akan segera menangani kecelakaan tersebut agar tidak berdampak lebih luas.

"Kita harus lakukan segera adalah memberikan comfort kepada para masyarajat yang terimbas terdmpak oleh adanya kejadian oil spill ini," jelas Dharmawan.

Sebelumnya, limbah minyak atau pek yang tumpah dari kawasan laut Jawa Barat menyebar ke berbagai lokasi. Tumpahannya bahkan mencapai kawasan Kepulauan Seribu.

Kepala Seksi Penanganan Pengaduan dan Sengketa Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Rusliyanto mengatakan kejadian kebocoran minyak dan gelembung gas di sekitar anjungan lepas pantai YYA, blok Minyak dan Gas Offshore North West Java (ONWJ) PT Pertamina terjadi sejak hari Kamis, (18/7/2019).

Lokasi rincinya berada di sekitar 2 kilometer dari Pantai Utara Jawa, Karawang, Jawa Barat, pada titik koordinat 06° 05' 864" LS 107° 37' 463" BT.

"Ditemukan adanya minyak yang bocor (oil spill) ke Laut, namun untuk jumlahnya sampai saat ini masih belum bisa diperkirakan," ujar Rusliyanto saat dihubungi, Selasa (30/7/2019).

 

Berita Terkait:

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

269 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Aditya Rizaldi 09 October 2019 | 22:22:35

masyarakat yang kena dampaknya kasihan

archan somchart 07 October 2019 | 14:13:20

wah kasian banget dengan dengan tercemar nya itu minyak

regasetiadipermana 06 October 2019 | 19:54:58

sungguh kecewa karena tidak langsung ditangani bocornya pipa minyak

Idriss Osd 27 September 2019 | 12:31:17

wah ko bisa kaya gitu waduh berbahaya itu

Agung Mulyawandi 24 September 2019 | 23:39:52

masyarakat yang kena dampaknya kasihan

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top