Polisi Sebut Listrik Padam Akibat Pohon Terlalu Tinggi

06 August 2019 by
Polisi Sebut Listrik Padam Akibat Pohon Terlalu Tinggi

Kepolisian menyebut listrik padam di Jabodetabek dan daerah lainnya terjadi akibat ketinggian pohon di saluran udara tegangan ekstra tinggi (sutet) di Ungaran, Jawa Tengah. Karenanya, tidak ada faktor kesengajaan dari gangguan yang dialami PLN.

Sebelumnya, pemadaman listrik terjadi di Jabodetabek dan daerah lainnya hingga membuat aktivitas masyarakat lumpuh pada Minggu (4/8).

"Diduga faktor alam dan teknis, tidak ditemukan human error atau unsur sabotase," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Senin (5/8).

Dedi mengatakan itu merupakan hasil penyelidikan sementara. Penyelidikan lebih lanjut akan terus dilakukan oleh Polda Jawa Tengah.

Pemeriksaan terhadap pegawai PLN juga sudah dilakukan. Nantinya, kata Dedi, akan dilakukan analisa oleh tim pusat yang terdiri dari Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri dan PLN pusat.

"Kerusakan diduga sementara adanya pohon yang ketinggiannya melebihi batas ROW (8,5) sehingga mengakibatkan flash atau lompatan listrik," tuturnya.

Listrik padam di sejumlah wilayah Jakarta dan sebagian Banten, Jawa Barat, serta Jawa Tengah, pada Minggu (4/8). Bahkan, listrik masih padam di beberapa wilayah masih padam hingga Senin (5/8).

Menurut penjelasan PLN, listrik mati karena ada gangguan pada sisi transmisi Ungaran dan Pemalang 500 kV. Hal ini mengakibatkan transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan.

Akibatnya, seluruh pembangkit di sisi tengah dan barat Jawa mengalami gangguan (trip). Aliran listrik kemudian padam di wilayah Jabodetabek, sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah. Listrik padam di wilayah Jabodetabek sendiri terjadi mulai pukul 11.48 WIB.

Selain itu, pemadaman listrik di wilayah lainnya termasuk Jawa Barat disebabkan karena gangguan transmisi Sutet 500 kV. Area yang terdampak listrik padam ini antara lain Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi, dan Bogor.

Saat ini PLN terus memaksimalkan upaya perbaikan dengan meningkatkan pasokan aliran listrik dari sejumlah pembangkit. Peningkatan pasokan tersebut salah satunya dilakukan untuk mengamankan pasokan listrik di Jakarta.

Berita Terkait

Apa Reaksi Anda ?

Love
50%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
50%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

319 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Muhammad Risal 17 August 2019 | 11:57:46

hanya pohon saja jadi bisa sebegitunya

Awik Syaputra 17 August 2019 | 09:34:34

klo sudah tahu terlalu besar kenapa gk di tebang pa...

Mas Suyat 16 August 2019 | 20:56:02

harus kesadaran sebdiri untuk menebang pohon yang hampir mengenai kabel listrik

zona nona 16 August 2019 | 11:49:07

gimana yang pelihara pohonnya harus di tebang

Reza rf 16 August 2019 | 11:03:57

tilang aja pak pohonnya gak pernah pake helm dia

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top