Sempat Hilang, Pantai di Irlandia Timbul Kembali

15 May 2017 by
Sempat Hilang, Pantai di Irlandia Timbul Kembali

Sebuah fenomena alam yang unik terjadi di Desa Dooagh, Pulau Achill, Gugusan Kepulauan Achill, Republik Irlandia. Sebuah pantai yang sempat menghilang selama 33 tahun, secara misterius kembali terbentuk.

Pada 1984, lantaran badai, pasir di pantai Dooagh menghilang begitu saja. Pantai tersebut berubah menjadi gugusan batu karang yang tajam. Namun, pada awal tahun ini, batu karang tersebut kembali tertutupi pasir dan akhirnya pantai itu kembali terbentuk.

''Sejumlah badai yang sempat terjadi menghancurkan pantai tersebut. Pantai itu benar-benar menghilang. Tahun 1984 terakhir kali pantai itu masih terlihat. Kemudian pada bulan April, ada hembusan angin dingin dari wilayah utara. Angin itu berhembus secara stabil dan kemungkinan besar membawa serta pasir, entah darimana,'' tutur salah satu petugas dari Dinas Pariwisata Achill, Sean Molloy, kepada The Guardian, seperti dikutip Science Alert.

Setelah air pasang, pasir-pasir itu tetap berada di sekitar pantai tersebut. Saat ini, ada hamparan pasir sekitar 300 meter. Ternyata, fenomena ini bukan yang pertama kali terjadi di Desa Dooagh. Molloy menyatakan, fenomena serupa sempat terjadi pada akhir 1890an. Saat itu, pantai di desa tersebut menghilang. Akhirnya pada 1930an, pantai itu kembali terbentuk.

Ahli Kelautan asal Universitas Southampton, Ivan Haigh, memiliki penilaian terkait fenomena tersebut. Menurutnya, pasir yang ada di pantai Dooagh tersebut secara unik terpengaruh oleh kondisi angin dan gelombang laut. Sementara pada saat bersamaan terjadi sedimentasi pasir yang berjarak ratusan kilometer dari Pantai Dooagh. Tidak hanya itu, pasir di Pantai Dooagh, kata Ivan, selalu berada dalam kondisi labil dan digerakkan oleh badai, angin, dan gelombang.

''Kekuatan gelombang dan badai telah mengubah kondisi yang terjadi selama puluhan tahun. Selain itu, ada perubahan tertentu di lingkungan tersebut sehingga memungkinkan adanya penumpukan pasir yang baru,'' tutur Ivan.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

50 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Don Bosski 10 September 2019 | 19:23:45

fenomena unik yang sangat jarang terjadi

Ervan dewata 22 February 2019 | 21:07:57

sangat sungguh disayangkan jika pantainya itu sempat hilang akan tetapi kini timbul lagi pantai di Irlandia

reva riskiyadi 06 January 2019 | 17:13:43

mungkin tertutup air yang sangat tinggi

budiirawan 04 January 2019 | 23:34:41

mungkin itu tertutup oleh air lUt yang terlalu besar

suneo 04 January 2019 | 19:13:51

mungkin itu tertutup oleh air lUt yang terlalu besar

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top