Menguak Arti Lorem Ipsum yang Mendadak Muncul di Koran

11 July 2019 by
Menguak Arti Lorem Ipsum yang Mendadak Muncul di Koran

Kejadian ini pun menjadi heboh di dunia maya lantaran kalimat ini merupakan template asli dan gratis dari desain grafis di internet.

Apa sih sebenarnya Lorem Ipsum ini?

Mengutip berbagai sumber, lorem ipsum atau yang disebut lipsum merupakan teks standar yang ditempatkan untuk menempatkan elemen grafis atau penataan huruf (typesetting) dalam sebuah presentasi atau artikel.

Kalimat ini berasal dari bahasa Latin dan sudah digunakan sejak tahun 1500-an.


Lorem ipsum pertama kali dipakai saat seorang tukang cetak yang tak dikenal mengambil sebuah kumpulan teks. Dia mengacak teks tersebut menjadi sebuah buku contoh huruf.

Namun teks ini baru populer pada 1960 dengan diluncurkannya lembaran letraset yang menggunakan kalimat tersebut. Popularitasnya makin menanjak seiring munculnya software publishing di komputer dekstop.

Menurut seorang profesor bahasa latin dari Hampden-Sidney College di Virginia, Richard McClintock, kalimat ini disinyalir diambil dari dalam naskah karya sastra latin klasik yang ditulis oleh Cicero, de Finibus Bonorum et Malorum (sisi Ekstrem dari kebaikan dan kejahatan).

Hanya saja dalam penggunaannya sekarang, teks lipsum memiliki sedikit perbedaan dengan yang ada dalam naskah asli CIcero.

Saat ini, teks yang digunakan adalah:
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Dalam bahasa Indonesia, teks tersebut diterjemahkan dengan:
"Demikian pula, tidak adakah orang yang mencintai atau mengejar atau ingin mengalami penderitaan, bukan semata-mata karena penderitaan itu sendiri, tetapi karena sesekali terjadi keadaan di mana susah-payah dan penderitaan dapat memberikan kepadanya kesenangan yang besar. Sebagai contoh sederhana, siapakah di antara kita yang pernah melakukan pekerjaan fisik yang berat, selain untuk memperoleh manfaat daripadanya? Tetapi siapakah yang berhak untuk mencari kesalahan pada diri orang yang memilih untuk menikmati kesenangan yang tidak menimbulkan akibat-akibat yang mengganggu, atau orang yang menghindari penderitaan yang tidak menghasilkan kesenangan?"

Kalimat dalam bahasa Inggris tersebut diterjemahkan oleh H. Rackham.

Mengapa dipakai jadi teks standar?

Ada alasan mengapa teks ini dijadikan sebagai menjadi sebuah naskah standar layout desain. Pasalnya teks ini memiliki penyebaran huruf normal dan merata. Teks ini juga diibaratkan sebagai sebuah naskah bahasa Inggris yang bisa dibaca dan punya arti.

Teks Lorem Ipsum sendiri bukanlah sebuah teks acak tanpa makna dan fungsi.

Teks ini berfungsi untuk menghindari terganggunya fokus atau perhatian seseorang ketika sedang membuat layout desain. Dengan teks ini mereka diharapkan tak akan memperhatikan isi teks lipsum yang panjang. Teks lorem ipsum ini hanyalah dummy (contoh).

Berita Terkait

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

206 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Wafi Wildan 16 July 2019 | 09:50:45

masih belum mengerti saya maksud dari lorem ipsum

Danang Namikaze 14 July 2019 | 13:58:27

wah jdi ini arti lorem ipsum dikorea

Median Yudha Pranata 14 July 2019 | 08:29:13

bagus dan keren sekali yah korannya

Adi Nursalim 14 July 2019 | 05:56:21

kok bisa muncul dikoran gini yaa keren

Fauzi Akbar 13 July 2019 | 23:11:13

lorem ipsum pertama kali dipakai saat seorang tukang cetak

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top