Malam Ini Truk Pembawa Barang Diimbau Tak Lewati Tol

08 June 2018 by
Malam Ini Truk Pembawa Barang Diimbau Tak Lewati Tol

Direktur Jendral Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi mengimbau untuk para truk truk pembawa barang dan ekspedisi untuk tidak melalui jalan jalan tol. Khususnya jalan tol Jakarta - Cikampek dan Jakarta - Merak.

Budi menjelaskan imbau yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan ini diambil mengingat malam ini, Jumat (8/6) hingga Ahad (10/6) nanti akan terjadi lonjakan pemudik kendaraan pribadi. Meski sebelumnya memang, kata Budi pelarangan mobil di atas sumbu mulai berlaku pada 12 Juni esok.

"Puncak arus mudik itu 12 13 Juni. Tetapi setelah badan litbang meneliti. Ada penambahan 8 dan 9 Juni. Nah, ini berpengaruh pada policy kita. Nah, starteginya tanggal 8 jam 6 sore, nanti ada pembatasan," ujar Budi kepada Republika.co.id di Posko Mudik Nasional, Jumat (8/6).

Budi menjelaskan pemerintah namun tidak akan menindak jika memang truk tersebut terpasak masuk ke tol. Hanya saja, kata Budi pihaknya sudah berkordinasi dengan Korlantas Mabes Polri terkait hal ini. Jika ternyata terjadi penumpukan di titik titik tol maka pihak kepolisian akan mengalihkan para truk ini untuk keluar dari tol.

"Sudah saya keluarkan suratnya. Tapi itu gak mengikat, kalau mau lewat gapapa. Tapi kalau polisi nilai macet, nanti diskresi polisi," ujar Budi.

Larangan operasional truk angkutan barang ini berlaku untuk sembilan ruas jalan tol dan beberapa jalur nasional saja. Budi mengatakan untuk tahun ini pengambilan keputusan terkait jalan jalan mana saja yang tidak dilalui oleh truk melibatkan pemerintah daerah.

"2018 ini melibatkan daerah daerah untuk memutuskan. Ternyata tambah banyak. Jalan tol ada 7, jalan nasional ada 5. Mungkin 2019 akan berubah lagi dengan adanya pertumbuhan ini," ujar Budi.
 

Apa Reaksi Anda ?

Love
25%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
75%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

809 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Jay mencret 18 February 2019 | 13:29:27

kata Budi pihaknya sudah berkordinasi dengan Korlantas Mabes Polri terkait hal ini. Jika ternyata terjadi penumpukan di titik titik tol maka pihak kepolisian akan mengalihkan para truk ini untuk kelu

Zaianal Abidin 18 February 2019 | 12:25:46

mungkin ini d krenakan sekarang cuaca nya kurng baik jdi truk d lrang lwt

DARK_ GAMING 17 February 2019 | 19:42:15

sepertinya itu nyata soalnya ada peringatan pemerintah sengaja memberitahu agar supir truj tidak terjadi kecelakaan yg bedar,mohon doa nya sya mau nembak dy [I Love "Rosa•k" I Love]

Trian Erlangga 15 February 2019 | 13:30:29

seperti itu ya ternyata ada oeringatan

Dewa Kece 13 February 2019 | 23:26:51

mungkin karena cuaca buruk sehingga muatan berat di takutkan akan berbahaya bagi pengendara

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top