Libur Pilkada, Layanan Transportasi Laut Tetap Jalan

15 February 2017 by
Libur Pilkada, Layanan Transportasi Laut Tetap Jalan

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Tonny Budiono memastikan pelayanan publik di sektor transportasi laut, khususnya di bidang kepelabuhanan tetap berjalan pada hari libur pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak.

Hari libur pilkada jatuh pada hari ini Rabu, 15 Februari 2017 itu sesuai Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati.

“Saya akan melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan hari libur tersebut, dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan pelayanan publik tetap berjalan sesuai aturan,” ujar Tonny dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu, 15 Februari 2017.

Baca : Posisi Satelit PT Telkom 3S Sudah di Titik Peluncuran

Tonny mengaku mendorong bawahannya untuk menggunakan hak suara dalam Pilkada serentak, sebagai bentuk dukungan perwujudan demokrasi di Indonesia. Namun, ia juga mengingatkan jajarannya agar pelayanan publik di sektor transportasi laut tetap harus berjalan.

Hal tersebut, kata dia, sejalan dengan surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Nomor B/9/M.KT.02/2017 bertanggal 10 Februari 2017. Di situ disebutkan bahwa setiap pimpinan unit atau satuan kerja harus mengatur penugasan pegawai pada hari libur Pilkada 2017, sehingga pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Tonny pun menyampaikan bahwa pelayanan publik di empat pelabuhan utama, yaitu Belawan Medan, Tanjung Priok Jakarta, Tanjung Perak Surabaya dan Makassar tetap berjalan. Hal yang sama dia pastikan terjadi di pelabuhan lainnya.

Baca : PT Jasa Marga Bangun Sistem Transaksi Terintegrasi

"Saya himbau pegawai di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut untuk berpartisipasi aktif menggunakan hak pilihnya. Saya juga meminta para pegawai yang bekerja di posisi pelayanan publik khususnya di Unit Pelayanan Teknis (UPT) yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, dapat kembali bekerja setelah menggunakan hak pilihnya," kata tuturnya.

Selain soal pelayanan publik, Tonny menyebut pelaksanaan keselamatan pelayaran juga tetap berjalan. “Selain pelayanan publik di bidang kepelabuhanan yang tetap normal, pada hari libur Pilkada 2017 pelayanan keselamatan pelayaran juga tetap berjalan normal khususnya di pelayanan Vessel Traffic Services (VTS).”

Patroli rutin oleh Kapal Patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) pun akan berjalan normal. “Kalau yang namanya patroli rutin tentu saja tidak kenal hari libur, karena tugas kami memastikan keselamatan dan keamanan pelayaran, meskipun ada hari libur pilkada,” kata Tonny.

YOHANES PASKALIS

Berita Terkait:

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

41 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
arif arif 17 May 2019 | 16:01:55

bagus deh kalau misalnya tetap berjalan

Kotep Arep 17 May 2019 | 14:06:03

pasti kalau ada pembawa surat suara

Michel Lud 17 May 2019 | 13:34:40

bagus deh kalau misalnya tetap berjalan

Adi Nursalim 12 May 2019 | 19:32:13

wah mungkin sopir sopir nya itu tidak ikut ngoblos

Barat Azmat 04 May 2019 | 01:12:25

libur pilkada tidak mengganggu transportasi laut tetap lanjut

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top