Konstruksi Terowongan Dinilai Lebih Aman daripada Jalan Layang

17 September 2018 by
Konstruksi Terowongan Dinilai Lebih Aman daripada Jalan Layang

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) mengungkapkan, belum banyak masyarakat yang tahu manfaat jalan dengan konstruksi terowongan. Padahal banyak manfaat yang didapat ketika jalan dibangun dengan konstruksi terowongan.

Direktur Jenderal Bina Marga KemenPUPR, Sugiyartanto, menerangkan, manfaat yang bisa dirasakan masyarakat, salah satunya adalah perjalanan waktu lebih cepat. Terowongan ‎bisa jadi jalan pintas, sehingga masyarakat tak harus memutar jalan jauh untuk mencapai ke suatu titik.

"Selain itu, terowongan tidak banyak merusak lingkungan dan polusi kendaraan juga bisa kurang," ujar Sugiyartanto, saat ditemui di Kantor Pusjatan Bandung, Jawa Barat, Senin (17/9/2018).

Sugiyartanto menuturkan, konstruksi terowongan tidak hanya diterapkan untuk pembangunan jalan saja, tapi juga untuk pembangunan transportasi. Ia mengambil contoh ‎pada pembangunan transportasi massal Mass Rapid Transit (MRT) di Jakarta.

Menurutnya, seharusnya kota-kota besar lainnya juga ikut membangun sarana transportasi dengan terowongan. Hal ini, sambung dia, juga bisa menghemat pengeluaran masyarakat dari menggunakan kendaraan pribadi menjadi transportasi umum.

"Ke depan, sistem transportasi ini menjadi pilihan. Kebetulan daerah perbukitan di Indonesia luas, sehingga pilihannya adalah membuat terowongan,"‎ tuturnya.

Sementara itu, Direktur Jembatan KemenPUPR, Iwan Zarkasi menambahkan, pembangunan jalan dengan konstruksi terowongan juga dinilai lebih aman dibandingkan konstruksi layang.

Dalam hal ini, ia berkaca pada gempa hebat yang melanda Jepang. Pada saat terjadi gempa, sambung dia, terowongan di Jepang tidak mengalami kerusakan.

"Jembatannya malah ambruk, kalau terowongan tidak. Jadi lebih aman konstruksinya," pungkas dia.

 

 

Berita Terkait:

Apa Reaksi Anda ?

Love
86%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
14%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

590 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Shohibun Niam 19 February 2019 | 08:31:48

pemikiran yang bagus untuk transportasi yang efisien

Andy Laza 08 February 2019 | 11:18:13

tapi Kan KalaubTerowongan nggak Bisa Lihat Apa Apa Lah

Babaz Hanz 15 January 2019 | 11:59:50

wah bagus banget trowongan nya ya

Galang Aluntaka 29 December 2018 | 12:39:42

kalau kena gempa gimana ya tu trowongan

Ramli Husen 26 December 2018 | 16:06:35

nihh kata nya terowongan lebihh aman nihh mantap

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top