home ×
News

Kisah Aidit Merokok di Film G30S/PKI

23 September 2017 By
Kisah Aidit Merokok di Film G30S/PKI
Kumparan

Pro dan kontra bermunculan terkait beberapa adegan dan fakta yang tercantum dalam keseluruhan adegan dalam film G30S/PKI besutan mendiang Arifin C Noer. Termasuk pada adegan yang memperlihatkan pimpinan PKI DN Aidit sedang merokok.

Istri Arifin, Jajang C Noer, menyampaikan fakta berbeda. Menurutnya memang benar suaminya menggunakan fakta bahwa Aidit digambarkan sebagai seorang perokok dalam film tersebut. Fakta tersebut didapat Arifin saat melakukan riset dan bertanya kepada salah satu tokoh PKI, Sjam Kamaruzaman.

Kala ditemui Arifin di penjara Cipinang, meski Sjam tidak memberikan banyak informasi, Namun, ia membenarkan Aidit merokok. Namun fakta yang ditemukannya kini berkata sebaliknya.

"Jadi waktu itu kita tanya salah satu orang PKI yang di penjara di Cipinang. Itu dikatakan ya Aidit merokok. Karena itu mas Arifin pakai data itu," kata Jajang usai menghadiri diskusi di Gado-Gado Boplo, Jakarta Pusat, Sabtu (23/9).

Tidak hanya berpatokan kepada fakta sejarah yang diungkapkan pelaku sejarah, faktor logika pun juga menjadi pertimbangan Arifin untuk memakai fakta bahwa Aidit merokok.

"Karena faktor psikologis kita pertimbangkan juga meski klise sih. Setiap orang kalau lagi senewen kan ngerokok ya tapi ini kan, jadi ya kita putuskan itu," ujarnya.

Jajang juga menambahkan faktor asap yang ditimbulkan saat sebatang rokok dihidupkan pun dapat menjadi nilai lebih tersendiri untuk mendramatisir adegan.

"Nah, dari asap rokok ya kita dapat manfaatkan untuk membantu memunculkan efek mendramatisir suasana," tuturnya.

Jajang cukup menyayangkan karena pada era 2000-an kembali ditemukan fakta sejarah yang justru kontradiksi dengan fakta yang disajikan suaminya dalam film tersebut. Jajang menuturkan ia bertemu Iwan Aidit dan Ilham Aidit, anak kandung dari DN Aidit.

Iwan sempat mengoreksi adegan yang menggambarkan ayahnya sedang merokok dan mengonfirmasi kembali bahwa ayahnya bukanlah seorang perokok.

"Tapi ternyata setelah film itu jadi ketemu Iwan Aidit kakaknya Ilham, dia bilang ayah saya enggak merokok," paparnya.

"Itu saja yang mas Arifin sesalkan, tapi sekarang beredar itu fotonya Aidit ngerokok," imbuhnya.

Oleh karena itu untuk pihak yang berencana untuk membuat versi baru dari film karya suaminya, Jajang menyarankan untuk diadakan kembali riset terbaru untuk setidaknya mengonfirmasi fakta sejarah yang sudah disampaikan oleh suaminya dalam film tersebut.

"Maka itu untuk buat film baru, ya silakan lengkapi dengan data yang waktu itu kami enggak dapat," ucapnya.

27 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
꧁༒Hunter༒꧂, 26 October 2019 | 21:31:04

mungkin hanyanya penggambaran semata

Satria Kelana 13 October 2019 | 01:29:54

ada yang bilang dia merokok ada juga yang tidak

Wijanarko 07 October 2019 | 00:49:16

mungkin hanyanya penggambaran semata

Mas ruri 06 October 2019 | 18:32:48

mungkin dia mereka hanya buat adegan film

Ridwan Cungkring 02 October 2019 | 15:20:36

jangan sesekali kita melupakan sebuah sejarah

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article