home ×
News

Gempa Bermagnitudo 5.0 Guncang Barat Daya Sarmi Papua

06 September 2019 By
Gempa Bermagnitudo 5.0 Guncang Barat Daya Sarmi Papua
Suara

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi bermagnitudo 5.0 mengguncang Barat Daya Sarmi, Papua, pada Jumat pukul 03:43:36 WIB.

BMKG menyatakan koordinat pusat gempa berada di titik 2.68 Lintang Selatan (LS) dan 138.90 Bujur Timur (BT), dengan kedalaman sejauh 23 kilometer.

Lokasi gempa berada 41 kilometer Barat Daya Sarmi, dan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Di daerah-daerah tertentu, gempa bumi juga dapat memicu tsunami. Dan salah satu sebab kenapa tsunami selalu memakan korban banyak, karena waktu untuk memprediksi bencana ini setelah terjadinya gempa bumi, sangat sempit.

Nah, buat kamu yang merasa tinggal di kawasan rawan gempa ataupun tsunami, ini dia tips menyelamatkan diri saat gempa bumi yang perlu kamu tahu.

Tetap tenang

Saat gempa terjadi, berusahalah untuk tidak panik dan tetap tenang. Tarik napas dalam-dalamnya, lalu lihatlah keadaan sekitar dan pilihlah spot yang aman untuk berlindung.

Cari tempat aman di dalam rumah

Jika pada saat gempa bumi kamu sedang berada di dalam ruangan dan tidak memungkinkan untuk segera keluar, berusahalah mencari tempat yang aman untuk berlindung. Meja adalah tempat terbaik untuk berlindung dari benda-benda yang berjatuhan akibat gempa bumi. Jangan lupa, lindungi juga kepala dengan benda empuk, misalnya bantal, helm, atau yang paling praktis anda dapat menggunakan kedua tangan dengan posisi tertelungkup.

Cari tempat terbuka jika berada di luar ruangan

Jika pada saat gempa bumi terjadi kamu sedang berada di luar ruangan, tindakan pertama yang harus dilakukan adalah bergerak menjauhi gedung dan tiang, dan carilah area yang terbuka. Tetap tenang dengan tarik napas dalam-dalam, dan jangan lakukan apapun. Sebab, biasanya setelah gempa pertama akan terjadi gempa susulan.

Perhatikan petunjuk keselamatan saat di kerumunan

Gempa bumi bisa terjadi kapan saja. JIka saat gempa bumi kmu sedang berada di kerumunan, biasanya akan terjadi kepanikan. Jangan ikutan panik. Yang harus kamu lakukan adalah memerhatikan petunjuk keselamatan atau arahan petugas penyelamat di sekitar, misal tentang titik kumpul saat kejadian darurat.

Jika berada di gunung atau dataran tinggi

Jika gempa terjadi saat kamu sedang berada di gunung, bergeraklah menuju area yang lapang untuk berlindung. Hindari daerah dekat lereng karena dipastikan akan menimbulkan longsor dan mengancam keselamatan jiwa.

 

Berita Terkait:

271 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
꧁༒Hunter༒꧂, 29 October 2019 | 18:45:08

Semoga dapat diberikan perlindungan

Mas ruri 06 October 2019 | 17:02:49

Semoga dapat diberikan perlindungan

Danu Setiawan 06 October 2019 | 04:33:20

makin banyak pertanda alam

Garena Asu 29 September 2019 | 23:04:11

semoga tidak terjadi gempa susulan yah

Idriss Osd 24 September 2019 | 06:45:21

mari berdoa untukk saudara kita dipapua

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article