home ×
News

BMKG : Waspadai Gelombang Tinggi Hingga Enam Meter

19 April 2019 By
BMKG : Waspadai Gelombang Tinggi Hingga Enam Meter
Republika

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang diperkirakan terjadi di Samudera Hindia wilayah Jawa dalam kurun waktu empat hari ke depan (18-21 April). Diprediksi tinggi gelombang bisa mencapai enam meter.

Kabag Humas BMKG, Akhmad Taufan Maulana menjelaskan potensi gelombang tinggi terjadi menyusul adanya pola sirkulasi Eddy di Utara Papua. Pola angin di wilayah utara Indonesia umumnya dari Barat Laut - Timur Laut dengan kecepatan 3 - 15 knot. Sedangkan di wilayah selatan Indonesia umumnya dari Timur - Selatan dengan kecepatan 3 - 20 knot.

"Sementara itu, kecepatan angin tertinggi terpantau berada di Samudera Hindia selatan Jawa hingga NTB, Laut Sawu bagian selatan, Perairan selatan Kepulauan Tanimbar, dan Laut Arafuru," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (18/4).

Ia menerangkan potensi gelombang tinggi tidak hanya terjadi di Samudera Hindia selatan Jawa, tetapi juga berpotensi terjadi di 12 wilayah perairan Indonesia lainnya. Tapi kisaran yang lebih rendah yaitu 2,5-4 meter. Wilayah tersebut di antaranya  Kepulauan Mentawai, Selat Bali – Lombok – Alas, Samudera Hindia barat Sumatera.

"Tak hanya itu, 20 wilayah perairan Indonesia lainnya juga masih perlu waspada terhadap potensi gelombang tinggi meskipun dalam kisaran yang lebih rendah lagi yaitu 1,25 – 2,5 meter. Di antaranya di Perairan Utara Sabang, Perairan Kupang – Rote, Laut Halmahera, Perairan Utara Papua Barat," ujarnya.

Ia mengimbau nelayan berhati-hati selama periode gelombang tinggi. Beberapa moda transportasi yang rawan terdampak bila gelombang tinggi terjadi yaitu perahu nelayan, kapal tongkang, kapal ferry. "BMKG juga mengimbau masyarakat yang berdomisili dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi serta wilayah pelayaran padat agar selalu waspada. Jika terjadi gelombang tinggi, segera berlari menjauh ke tempat yang lebih tinggi dan aman," ucapnya.

296 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 31 October 2019 | 17:30:58

wah semoga tidak semakin naik dah

Fitry Lailatul 18 August 2019 | 11:47:47

jadi sekarang sudah aman dan kondusif

mawar seyna 17 August 2019 | 21:17:08

semakin kesini kok semakin aneh aja ya gelombang laut

Bagiku Kausd 17 August 2019 | 12:56:44

waspada buat para nelayan dan warga pinggir pantai

Mamank Garox 17 August 2019 | 11:12:05

dimohon untuk mendekati nya biar kamu mati

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article