home ×
News

BMKG: Peringatan Tsunami Belum Dicabut

02 August 2019 By
BMKG: Peringatan Tsunami Belum Dicabut
Republika

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, peringatan dini tsunami pascagempa Magnitudo 7,4 di Banten belum diakhiri. Pihaknya saat ini masih melakukan pemantauan.

"Bila terjadi tsunami, seharusnya sudah sampai. Namun, kami ada prosedur standar operasional peringatan dini berlaku dua jam sejak waktu diperkirakan datang tsunami," kata Dwikorita saat dihubungi dalam siaran langsung oleh TVRI di Jakarta, Jumat.

Mengingat peringatan dini belum diakhiri, masyarakat di wilayah yang masuk dalam peringatan dini tsunami diminta menjauh dari pantai ke tempat yang lebih tinggi dan diminta tidak kembali sebelum peringatan dini diakhiri. Sejauh ini, menurut Dwikorita, ketinggian air yang terjadi tidak signifikan, namun kewaspadaan tetap ditegakkan.

"Kami masih terus memantau. Ketinggian yang terjadi tidak signifikan tetapi kita tetap harus menunggu karena alam tidak bisa diperkirakan," katanya.

Sementara itu, gempa Banten tercatat oleh USGS mencatat berkekuatan 6,8 SR. Gempa yang mengguncang pada Jumat (2/8) pukul 19:03 tersebut terdeteksi berpusat sekitar 217 km dari kota Bandar Lampung.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mengonfirmasikan gempa berkekuatan 7,4 SR mengguncang Banten pada Jumat (2/8) petang. Getaran gempa menjalar hingga ke DKI Jakarta dan Bandung, Jawa Barat.

Gempat disebut terjadi pada pukul 19:03 WIB. Lokasi berada di 54 LS, garis bujur, 104.58 BT, dengan kedalaman 10 km. BMKG menyebut gempa tersebut berpotensi tsunami. Berdasarkan permodelan, Pandeglang bagian Selatan, Pulau Panaitan, Lampung Barat, Pesisir Selatan Lampung berada dalam status Siaga tsunami.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

205 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 29 October 2019 | 13:12:00

terus pantau selalu dah untuk hal yang satu ini

Satria Kelana 19 October 2019 | 15:00:13

jangan dicabut sampai semuanya jadi aman ya bos

DimasHardstyle 18 October 2019 | 19:49:40

mungkin ini tanda akhir zaman yaa haduhh hadehhh

Jalaluddin Ahmad 19 September 2019 | 06:08:20

mungkin ini tanda akhir zaman ya semua kena gempa bumi

Son Gute 17 September 2019 | 20:02:31

harus selalu waspada takut ada gempa sunami

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article