Beri Sinyal Dukung Jokowi, Ini Syarat dari SBY

11 March 2018 by
Beri Sinyal Dukung Jokowi, Ini Syarat dari SBY

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan sinyal kesiapan partainya mendukung Presiden Joko Widodo dalam Pilpres 2019. SBY memang menyatakan Demokrat belum menentukan capres dan cawapres yang akan diusung pada Pemilu 2019, namun peluang kerja sama tetap terbuka.

"Jika Allah menakdirkan, sangat bisa Demokrat berjuang bersama Bapak (Presiden Jokowi). Tentu, Bapak sangat memahami sebagaimana pengalaman saya pada Pilpres 2004-2009 dulu. Perjuangan bersama apapun namanya akan berhasil dan menang jika kerangka kebersamaannya tepat," kata SBY dalam pidato pembukaan Rapimnas Demokrat di Sentul International Convention Center, Jawa Barat, Sabtu (9/3)

SBY mengatakan perjuangan bersama atau koalisi akan berhasil jika visi-misi platform pemerintah untuk 2019-2024 juga tepat dan disusun secara bersama-sama. SBY memberi sinyal siap berkoalisi dengan Jokowi jika Demokrat juga mengambil bagian menyusun platform dan agenda ke depan.

Dia menyatakan, suatu koalisi akan berhasil dalam perjuangannya dengan catatan di antara partai koalisi harus saling percaya dan saling menghargai. "Harus muncul respek dan trust. Ini sangat penting. Koalisi masalah hati. Demokrat siap membangun koalisi seperti itu," kata SBY.

SBY mengatakan, tantangan yang dihadapi Pemerintahan Jokowi sama dengan tantangan yang dihadapi Pemerintahan SBY pada 2008. Tantangan itu yakni gejolak ekonomi menjelang pilpres.

SBY optimistis pemerintahan Jokowi akan mampu mengatasi tantangan tersebut layaknya yang dahulu berhasil dilakukan pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu II. SBY kemudian berbicara mengenai takdir. Dia menyebut jika Allah menakdirkan, Demokrat bisa berjuang bersama Jokowi.

"Insya Allah Demokrat pada 2019 akan mengusung pasangan capres dan cawapres yang paling tepat dan paling baik. Pada saatnya nanti akan kami umumkan sebagai pasangan calon yang diusung Demokrat," ujar SBY.

Jokowi kembali diusung PDI Perjuangan untuk menjadi capres pada Pilpres 2019. Selain PDIP, Golkar, Nasdem, PPP, dan Hanura sudah menyatakan dukungan kepada calon pejawat ini.

Poros lain yang kemungkinan bakal memajukan capres adalah Gerindra dan PKS yang akan mengusung Prabowo Subianto. Ada tiga partai lainnya yang belum menentukan pilihan, yakni Demokrat, PAN, dan PKB.


Apa Reaksi Anda ?

Love
38%

Suka

Laugh
13%

Lucu

Surprised
50%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

199 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Satria 08 May 2019 | 06:28:14

Pemimpin bisa menjadi teladan dan contoh

as jumbleng 06 May 2019 | 06:57:13

mereka bisa saling dukung tapi ada syarat

eva as 19 April 2019 | 21:25:52

terlalu banyak yang tidak ada peeubahan

Clarisa Reynata 17 April 2019 | 10:42:05

memang bakalan seru kalo sby dukung jokowi

Rafli Gani 03 April 2019 | 17:58:52

semuanya tergantung dari pilihan rakyat

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top