96% UMKM Kuliner Terbantu karena Go-Food

23 April 2019 by
96% UMKM Kuliner Terbantu karena Go-Food

Dari kiri ke kanan: pembawa acara, Marsela Renata, Senior Marketing Manager Go-Food, Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Food Officer Gojek Group. (Foto: Birgitta Ajeng/Uzone.id)

Uzone.id - Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015, Go-Food kini telah berkembang menjadi layanan online food delivery nomor satu di Indonesia dan Asia Tenggara dengan menggandeng lebih dari 400.000 mitra merchant, 96% di antaranya merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kuliner.

Go-Food kini menguasai pangsa pasar online food delivery di Indonesia yang mencapai 80% atau minimal 4 kali lipat lebih besar dari penyedia layanan sejenis. Hal ini juga didukung kuat oleh jumlah order Go-Food yang tumbuh tujuh kali lipat dalam 2 (dua) tahun terakhir menurut data internal Go-Food.

Baca juga: Go-Food Ungkap Prediksi Kuliner di Indonesia pada 2019

Tidak hanya menjadi andalan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan kuliner, Go-Food juga memberikan kontribusi yang signifikan pada perekonomian Indonesia, yaitu sebesar Rp 18 triliun, menurut hasil riset Lembaga Demografi FEB UI (LD FEB UI) baru-baru ini.

Lembaga Demografi FEB UI (LD FEB UI) melakukan riset berjudul “Dampak GOJEK terhadap Perekonomian Indonesia pada Tahun 2018” dilakukan kepada 1.000 mitra UMKM GO-FOOD di 9 kota besar di Indonesia, yaitu Balikpapan, Bandung, Jabodetabek, Denpasar, Makassar, Medan, Palembang, Surabaya, dan Yogyakarta.

Baca: 5 Makanan Wajib Coba di Asian Market Café, Restoran Halal di Singapura

Riset ini juga menemukan bahwa peningkatan volume dan omzet bisnis memacu mitra UMKM untuk terus mengembangkan usahanya. Hal ini ditunjukkan dari 85% responden UMKM yang menginvestasikan kembali pendapatannya dari Go-Food ke dalam usaha mereka.

Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Food Officer Gojek Group, mengungkapkan bahwa kunci kesuksesan Go-Food dalam mendorong peningkatan bisnis merchant, tidak hanya dengan memberikan akses langsung kepada pasar, tapi juga memahami kebutuhan mereka dengan menciptakan ekosistem teknologi yang bisa menjawab kebutuhan mereka dari hulu ke hilir.

Baca: Tjendana Bistro, Restoran di Bandung dengan Nuansa Eksotis

Berkat teknologi Gojek, mitra merchant Go-Food dapat terus mengembangkan skala bisnisnya. Mitra UMKM Go-Food rata-rata mengalami peningkatan omzet 3,5 kali lipat sejak mereka bergabung.

“Bukan tidak mungkin, usaha mitra merchant yang terus berkembang ini akan menciptakan lapangan kerja baru yang mampu menyerap ribuan bahkan jutaan tenaga kerja,” imbuh Catherine dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (23/4).

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

522 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
bagas60004 60004 22 May 2019 | 14:11:49

hidup memang harus saling bantu biar mudah

Nasyila 20 May 2019 | 12:15:33

semoga buisa mendobgkrak perwkinomian indonwsia

Golden Paradise 20 May 2019 | 12:07:19

mitra umkm go food rata rata mengalami peningkatan omzet

Jutaan 19 May 2019 | 11:59:27

waw bagus banget waw bagus banget tuh fiturnya membantu

Freedom Art 18 May 2019 | 04:12:30

iyalah karena apliaksinya ada fitur antar online

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top