home ×
News

5 Peristiwa yang Pernah Menggemparkan Ternyata April Mop

01 April 2018 By
5 Peristiwa yang Pernah Menggemparkan Ternyata April Mop
Kumparan

1 April diperingati oleh sebagian warga dunia sebagai April Mop atau April Fools Day. Selama satu hari, orang-orang diperbolehkan untuk berbohong. Budaya ini banyak dilakukan di negara-negara barat. 

Meski terkesan jahat, namun kebohongan yang dilakukan di April Mop hanya sekadar guyonan atau lelucon untuk orang-orang terdekat. Walaupun guyonan, kebohongan April Mop ternyata terjadi di lingkup yang cukup besar.

Beberapa peristiwa pernah diberitakan secara heboh, namun hal itu ternyata hanyalah April Mop. kumparan merangkum lima peristiwa yang ternyata merupakan kebohongan April Mop, sebagai berikut :

1. Erupsi Gunung Edgecumbe di Alaska

1 April 1974, warga Alaska dikejutkan oleh kepulan asap hitam yang terlihat dari arah Gunung Edgecumbe. Warga yang panik kemudian berhamburan keluar rumah karena mengira gunung tersebut meletus. 

Namun ternyata, kepulan asap hitam itu disebabkan oleh puluhan ban bekas yang dibakar oleh seorang warga setempat yang bernama Oliver "Porky" Bickar. Aksi Porky ketahuan oleh seorang pilot helikopter yang ditugaskan untuk memeriksa Gunung Edgecumbe. Dari atas, terlihat ban-ban yang dibakar dan sebuah tulisan besar "April Fool" di tepi gunung.

Porky melakukan tindakan konyol itu untuk merayakan Arpil Mop. Ia merencanakan aksi tersebut sejak empat tahun sebelumnya. Tindakan yang dilakukan Porky sering disebut sebagai lelucon April Mop terbaik sepanjang masa.

2. Kebun Spageti

Terdengar konyol, namun kenyataannya banyak warga yang percaya. Ketika itu, 1 April 1957, diberitakan adanya panen spageti di daerah Ticino, Swiss. Berita itu dikabarkan oleh kantor berita BBC.

Dalam sebuah video, tampak seorang wanita yang tengah memetik untaian spageti dari sebuah pohon dan meletakkannya ke baskom. Narator bahkan menyebutkan bahwa pada bulan Maret, para petani spageti di Eropa mengalami krisis karena bunga es di awal musim dingin.

Banyak yang mempercayai lelucon April Mop tersebut, karena di masa itu spageti belum dikonsumsi secara luas di Inggris. Tidak sedikit yang mencari tahu bagaimana cara untuk mendapatkan bibit tanaman spageti tersebut.

3. Romansa Margaret Thatcher dan Mikhail Gorbachev

Mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher dikabarkan memiliki hubungan khusus dengan Pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev. Kabar itu diberitakan oleh The Daily Mirror saat kunjungan Thatcher ke Soviet.

Kabar itu disertai dengan foto dari belakang dua orang yang menyerupai keduanya tengah berjalan sambil berangkulan. Berita yang terbukti hanya lelucon April Mop itu sempat dipercaya banyak orang, namun tak sedikit yang meragukan bahwa seorang Thatcer tidak mungkin melakukan seperti yang diberitakan.

4. Richard Nixon kembali mencalonkan diri jadi Presiden AS

Pada 1 April 1992, National Public Radio (NPR) dalam sebuah siaran mengabarkan bahwa Mantan Presiden AS Richard Nixon akan kembali mencalonkan diri sebagai presiden. Siaran tersebut disertai dengan suara mirip Nixon dan slogan kampanye "Saya tidak melakukan kesalahan apa pun dan saya tidak akan mengulanginya kembali".

Para pendengar kemudian meresponsnya dengan panggilan masuk dalam jumlah yang sangat banyak. Setelah mendapat respons yang begitu besar, akhirnya NPR kembali memberitakan bahwa itu hanyalah lelucon April Mop. Sementara suara Nixon ditirukan oleh komedian Rich Little.

Nixon merupakan presiden ke-37 AS. Ia menjabat dari tahun 1969 - 1974. Di tengah masa jabatannya, Nixon memutuskan mengundurkan diri karena tersandung skandal watergate.

5. Penampakan Monster Loch Ness

Monster Loch Ness atau biasa disebut Nessie adalah hewan berukuran besar dengan keberadaan yang misterius. Nessie disebut-sebut mendiami perairan di danau Loch Ness, Skotlandia. Kabar soal keberadaan Nessie tidak pernah terbukti kebenarannya hingga kini.

Namun, sebuah berita tentang Nessie pernah menggemparkan dunia pada 1 April 1972. Ketika itu diberitakan bahwa telah ditemukan bangkai Nessie di Skotlandia. Berbagai surat kabar di dunia sempat memberitakannya. 

Setelah dilakukan pengecekkan oleh polisi setempat, ternyata bangkai yang diduga Nessie tersebut adalah seekor gajah laut. Seorang pria bernama John Shields kemudian mengaku bertanggung jawab atas kabar itu. 

Seminggu sebelum kejadian, ia terlebih dahulu mencukur kumis hewan tersebut agar tampak seperti Nessie. Ia melakukan tindakan tersebut untuk mengerjai rekan-rekannya pada peringatan April Mop. Namun akhirnya John mengakui bahwa tindakannya telah melebihi batas.

169 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Thole Utomo 19 July 2019 | 10:27:03

Gak seindah yang kamu bayangkan ini

anji ae 13 July 2019 | 13:36:19

selamat ya semoga kedepannya bisa tambah gempar

Cah Jumbleng 20 April 2019 | 14:19:50

jangan sampai lelucon april menyakiti orang

Hanzo Hatori 18 April 2019 | 17:05:14

april mop emang keren nih buat nipu orang

Saskia Meka 18 April 2019 | 15:43:27

walah masa sih saya juga baru tau

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article